Posted by: ixgnetwork | July 27, 2012

Bisnis Di Internet Apakah Harus Punya Kantor?


Bisnis Di Internet Apakah Harus Punya Kantor?

 Oleh: Andhika Wijaya Kurniawan

 

Nah ini pertanyaan yang bingung kan?. Banyak yang bilang kalau uda Bisnis di Internet berarti kerjaan jadi mudah dan ga harus terjebak macet dan bla bla bla lainnya yang memberikan iming-iming enak. Mungkin yang mereka maksud adalah Program Internet yang dimana mereka tinggal setting blog dengan mengikuti beberapa program penghasil “duit receh”.

Well Bisnis di Internet versi saya adalah How you can sell your products or services on the internet or How you can Grow your company on the Internet! (kalau ga ngerti, pake google translate :p) dan itu yang selalu saya bawakan dalam materi Training Company Goes Online dan beberapa materi saya memang mengarah dan mengedukasikan ke arah seperti itu. #SekilasInfo

Back lagi ke topik, ketika Anda menjalankan suatu Bisnis di Internet, apakah Anda membutuhkan kantor?. Dan apakah Anda membutuhkan Staff?. Padahal banyak banget iming-iming di Internet yang mengatakan bahwa Anda “tidak perlu Staff dan bisa lakukan sendiri”.

Saya mengenal dunia Internet sejak tahun 2002 dan walaupun dibilang telat, saya mulai aktif dalam mencari penghasilan di Internet sejak 2005 dimana saya memulai dari program Adsense. Yes! Setiap orang yang dulu mencari penghasilan di internet pasti bermain program Adsense. Apa itu Adsense?. Searching di Google dengan kata kunci “Google Adsense”. :p

Seiring dengan berjalannya waktu, saya mulai mempelajari bahwa di Internet terdapat 3 perbedaan yang sering dijadikan satu oleh banyak orang dan sering ngebuat bingung para pemula, yaitu: Internet Marketing, Internet Program dan Bisnis Internet.

Saya tidak akan jelaskan detail disini, karena Anda tinggal klik masing-masing link yang sudah saya arahkan ke artikel Official Blog saya.

Seorang sahabat saya pernah berkata, “Kalau kamu mau menjadi perusahaan yang besar dan berkembang maka kamu harus mempercayakan pekerjaan yang sering kamu jalani sendiri untuk diserahkan ke orang lain, sehingga kamu bisa menjalankan ide lainnya lagi”. Dan saya akui itu adalah BENAR!.

Jadi balik lagi ke pertanyaan topik, “#BisnisInternet Apakah Harus Punya Kantor?”. Jawaban saya adalah HARUS!. Anda tentunya tidak ingin ada clients yang datang ke rumah pribadi yang seharusnya adalah tempat tinggal keluarga, benar?.  Dan Anda tidak mungkin terus-terusan membuat suatu janji dengan mengajak makan diluar, benar?.

Solusinya adalah Anda harus punya Kantor dan beberapa staff yang menangani kegiatan Anda. Misalnya kalau Anda memiliki Toko Online, Anda bisa hire staff yang memegang SMS/Telp sebagai Customers Service, atau Staff yang melakukan cek email dan balas email Customers, dan sebagainya. Di lain sisi, Anda bisa melakukan lobby terhadap distributor/supplier yang sudah menjalin kerjasama dengan Anda. :)

So, kalau memang Anda serius untuk menjalankan Bisnis di Internet, miliki Kantor dan Staf jika sudah berkembang dengan pesat dan jika Anda merasa tidak lagi mampu menghandle semuanya.


Leave a Reply

Categories