Posted by: ixgnetwork | July 27, 2012

Cara Atau Langkah Awal Memulai Branding Website Anda


Cara Atau Langkah Awal Memulai Branding Website Anda

 Oleh: Andhika Wijaya Kurniawan


(Image source: Google.com)Hai sahabat yang Luar Biasa,

Sekarang ini, siapa yang tidak kenal dengan fungsi website ataupun blog sebagai salah satu media pemasaran produk atau jasa maupun sebagai salah satu media untuk memperkenalkan perusahaan?. Dapat dikatakan, hampir semua masyarakat Indonesia mengenal Internet dan tidak sedikit yang menggunakan Internet untuk memasarkan produk atau jasa. Akan tetapi, sayangnya hanya sedikit yang mampu meningkatkan penjulan dan brand produk atau perusahaan dengan memanfaatkan website, hampir rata-rata hanya sebuah website pasif yang hanya sebagai katalog.

Website ataupun blog yang aktif adalah situs yang dikelola dengan baik dari segi artikel, optimasi sampai terjadi ketertarikan pengunjung (baca: visitor) untuk dapat melakukan pemesanan pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Jika Anda perhatikan, ada banyak perusahaan memiliki sebuah website tetapi hanya sekedar company profile pasif. Yang artinya hanya dibuat dan ditinggal diam berada di search engine.

Percayalah, setiap orang yang mengetahui nama usaha Anda, pasti akan melakukan pencarian di search engine terlebih dahulu. Bayangkan jika usaha Anda tidak memiliki sebuah website, berapa banyak pelanggan yang akan hilang?. Berbeda jika Anda memiliki sebuah website untuk usaha atau bisnis Anda.

Ya!. Website untuk usaha atau bisnis Anda akan menjadi perhatian banyak orang dari segi produk perusahaan maupun jasa yang akan Anda tawarkan. Hasilnya, situs Anda merupakan salah satu komponen terpenting dari 3 strategi yaitu strategi bisnis, strategi pemasaran dan strategi branding dimana website (baca: situs) Anda akan menyampaikan atau berkomunikasi tentang “Siapa Anda?”, “Apa yang Anda tawarkan/Jual?” dan “Apa yang Anda janjikan?” yang dilihat dari segi konten (baca: isi) dan tampilan.

Jadi jika Anda ingin mengembangkan website ataupun blog Anda dengan sendiri atau dengan outsource, yang paling penting adalah pertimbangkan website atau blog Anda dari segi perspektif Brand yang ingin dibentuk.

Nah dalam artikel ini, saya ingin membagikan Cara atau Langkah Awal Memulai Branding Website Anda sebelum benar-benar ketahap pengembangan dan optimasi brand situs.

Menganalisa

Sebelum Anda memutuskan apa yang ingin Anda sampaikan dan bagaimana cara Anda dapat menyampaikan secara Online, hal terpenting adalah melakukan analisa atau menganalisa Audiens (baca: target market) Anda, Kompetitor Anda, Usaha Anda dan terpenting adalah diri Anda sendiri dimana dengan penjelasan sederhana sebagai berikut:

  • Analisa Audiens: salah satu kunci sukses dalam dunia Internet adalah mengetahui secara rinci, “Siapa target market Anda?”, “Apa kebutuhan mereka?”, “Apakah mereka memerlukan edukasi pada produk atau jasa Anda?” dan “Bagaimana cara mereka menanggapinya? Apakah dengan emosional, intelektual atau keduanya?”.
  • Analisa Kompetitor: jika ingin mengalahkan kompetitor usaha Anda, jangan pernah meniru apa yang mereka lakukan. Pilih salah satu situs kompetitor Anda dan coba buat sebuah analisa dengan pertanyaan, “Bagaimana tampilan situsnya?”, “Apa yang membuat Anda lebih baik dari mereka?” dan “Apa alasan pengujung situs untuk bisa membeli produk atau menggunakan jasa Anda?”.
  • Analisa Usaha: dalam melakukan analisa usaha, hampir sama seperti menganalisa kompetitor hanya saja Anda harus membuat sebuah pertanyaan untuk Anda jawab seperti berikut, “Apa trend yang dominan dalam usaha Anda hari ini?” yang dimana Anda harus berpikir jangka panjang tentang keadaan hari ini, keadaan masa depan, market hari ini dan perkembangan teknologi terutama perkembangan dalam dunia Online.
  • Analisa Diri Sendiri: dimana bukan berarti Anda diam merenungkan diri Anda sendiri, melainkan mengenai “Bagaimana kepribadian perusahaan Anda?” dalam arti apakah formal atau unformal?. Kemudian, “Bagaimana cara Anda bisa menerjemahkan calon brand Anda secara visual dan verbal untuk calon situs Anda?” misalnya dari segi design dan konten.

Klarifikasi atau Penjelasan

Setelah Anda melakukan 4 analisa seperti yang telah saya sebutkan, mulai persempit fokus Anda ke niche tertentu. Jangan pernah mencoba menjual atau menawarkan apapun kepada semua orang diluar dari niche Anda.

Mulai mentargetkan audiens yang spesifik dari analisa audiens dengan memberikan penawaran khusus untuk produk atau jasa yang memiliki manfaat tertentu bagi mereka.

Semakin Anda tidak mengikuti kompetitor Anda, maka semakin sedikit kompetitor yang akan Anda miliki. Tapi yang jadi pertanyaan selanjutnya pasti, “Kalau tidak ada kompetitor yang banyak, bagaimana bisa meningkatkan branding terutama secara Online?”. Faktanya adalah dengan kompetitor yang sedikit, membuat calon konsumen kesulitan untuk memilih produk terbaik ataupun membandingkan produk atau jasa Anda yang dimana pada akhirnya mereka tidak lagi memperhatikan harga melainkan mereka akan memperhatikan “Siapa Anda?” dan “Apa yang dapat Anda berikan untuk mereka?”. Dengan begitu, akan semakin mudah buat Anda untuk mengkomunikasikan nilai brand Anda dan semakin cepat Anda akan membangun kredibilitas brand Anda.

Menyusun Strategi

Setelah menganalisa dan mendapatkan gambaran penjelasan pasti dari analisa sebelumnya tentang usaha Anda, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyusun sebuah strategi!.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, ketika pengunjung datang ke situs Anda. Yang pertama ada 2 hal yaitu Konten dan Struktur. Pastikan untuk membagikan situs Anda menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan calon konsumen, lalu isi setiap bagian dengan konten yang sesuai.

Berikan navigasi konten yang mudah dijangkau oleh penglihat pengunjung ketika pertama kali mereka membuat situs Anda. Yang harus Anda ingat adalah Anda sedang membangun sebuah Branding website yang berarti Anda harus ingat dalam pemikiran pengunjung, sebuah situs yang terstruktur dengan baik sama seperti sebuah perusahaan yang terorganisasi dengan baik. Jika Anda mengikuti blog saya, maka Anda pasti sudah membaca tentang My Blog is My Company yang dimana ada 2 artikel terpisah dan juga Bangun Bisnis Dengan Blog yang terdapat 2 artikel terpisah juga untuk personal dan untuk perusahaan.

Karena tujuan Anda adalah membangun sebuah Branding website, maka hal terakhir atau ketiga yang perlu Anda fokuskna adalah penampilan situs Anda dan struktur situs Anda. Konsumen jaman sekarang lebih mementingkan visual daripada jaman dahulu yang dimana tampilan situs Anda adalah penting bagi keberhasilan Anda.

Tujuan utama Anda seharusnya adalah untuk mengembangkan kualitas tampilan dan nuansa yang mencerminkan perusahaan Anda dan brand Anda. Setelah itu, tujuan selanjutnya adalah untuk melihat respon emosional pengunjung dari segi logo, tata letak, warna dan terakhir adalah loading situs yang dimana kunci dari pengunjung betah mengunjungi website atau blog Anda. Jangan pernah membuat pengunjung menunggu loading situs Anda hanya karena efek atau script situs yang tidak begitu penting.

Semoga artikel sederhana saya tentang “Cara atau Langkah Awal Memulai Branding Website” dapat bermanfaat untuk perkembangan blog personal Anda maupun untuk bisnis Anda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories